photobucket
Cinta adalah kekuatan yg mampu mengubah duri jadi mawar mengubah cuka jadi anggur mengubah sedih jadi riang mengubah amarah jadi ramah mengubah musibah jadi muhibah, Belajar dari masa lalu untuk menjadi arif dalam kehidupan mendatang, Dengan memberi kamu menerima, Dengan memaafkan kamu dimaafkan, Dengan mati kamu hidup abadi, Haruskah kita mengingkari masa lalu jika yang lalu dapat memberikan inspirasi bagi masa depan

Rabu, 06 Januari 2010

SALAM HISTORY

Jangan lupakan sejarah, demikian pesan dari Founding Father kita SOEKARNO. Jika dikaji dengan cermat memang tidak keliru pernyataan tersebut, karena sejarah jugalah yang telah membuktikan bahwa tidak ada negara besar, bangsa besar yang melupakan sejarah. Meraka pastilah Bangsa dan Negara yang menempatkan sejarah dalam porsi penting bagi negaranya. Kita bisa lihat Amerika, Jepang dan Negara-Negara di Eropa semuanya negara Maju karena diantaranya mereka dapat menempatkan Sejarah sebagai Roh untuk membangun dan mengembangkan negaranya.

Lantas bagaimana dengan Indonesia; sebagai anak bangsa saya begitu cinta kepada Indonesia. Tapi disisi lain saya agak gamang dengan pelestarian nilai-nilai sejarah di republik ini. Pemimpin kita paham bahwa sejarah itu perlu, tapi disisi lain kebijakan yang mereka keluarkan tidak mej dengan pentingnya sejarah dalam membangun bangsa.

Maka dapat dimengerti, ketika kebijakan pemerintah tidak pro terhadap studi-studi sejarah dan penanaman nilai-nilai sejarah yang ada generasi-generasi muda kita banyak yang melupakan sejarah dan kurang dapat memaknai sejarah.
Akan kemanakah kita dibawa....Jika kapal tidak memiliki panduan untuk mengantarkan penumpang pada pelabuhan masa depan. Marilah kembali kita harus menempatkan sejarah pada porsi yang semestinya di Republik ini. Salam sejarah yang menyejarah he he he !

1 komentar: